Posted by : Unknown Friday, May 24, 2013


Bumi terus berputar membawa dampak pada zaman yang terus berubah. Saat ini zaman sudah memasuki abad 21. Pada abad ke-21 ini proses kehidupan telah banyak mengalami perubahan sehingga kehidupan zaman dulu dan sekarang sangat berbeda. Beberapa perbedaan itu tampak antara lain pada; dunia kerja, peralatan, alat, cara dan teknik berkomunikasi, informasi, prilaku anak dan kehidupan keluarga. Dalam dunia pendidikan selera belajar siswa juga berbeda. Oleh karena itu, pendekatan dan teknik mengajar sudah barang tentu juga berbeda,  demikian juga cara memimpinnya juga berbeda. 

Untuk dapat mengikuti berbagai perubahan yang terjadi akibat adanya perubahan zaman ini, maka  pada bidang pendidikan ini perlu dilakukan inovasi. Inovasi merupakan genus dari change yang berarti perubahan. Inovasi dapat berupa  ide, proses dan produk dalam berbagai bidang antara lain pada bidang manajerial, teknologi, maupun pendidikan (kurikulum)

Inovasi pendidikan merupakan perubahan ide, proses dan produk dalam bidang pendidikan yang menghasilkan sesuatu hal baru bagi dunia pendidikan. Inovasi metode pembelajaran misalnya, dapat berdampak pada perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran sehingga menghasilkan cara baru dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian metode pembelajaran baru yang digunakan dalam melaksanakan pembelajaran dapat menjadi upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Sementara itu inovasi teknologi pendidikan dipergunakan untuk meningkatkan kualitas sarana prasarana pendidikan, seperti penggunaan untuk teknologi pembelajaran, prosedur supervise serta pengelolaan informasi pendidikan yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan pendidikan. Sedang inovasi manajerial pendidikan dapat digunakan oleh stakeholder sekolah dalam melaksanakan kepemimpinan di sekolah, sehingga dapat tercipta sekolah yang berkualitas yaitu kondusif dan kompetitif

Tujuan inovasi pendidikan adalah untuk meningkatkan efisiensi, relevansi, kualitas dan efektivitas pendidikan. Dengan melakukan inovasi pendidikan maka hasil pendidikan diharapkan dapat bermanfaat bagi peserta didik dalam menghadapi berbagai perubahan dalam kehidupannya yang selalu berubah seiring dengan perubahan zaman. 
Mengingat zaman yang selalu berubah, menurut Vivien Stewart, Vice President, Asia Society pada era global abad 21 ini, siswa akan tertinggal manakala pengetahuan yang dimiliki tidak dioorganisir dengan  pemikiran dalam konteks global maka inovasi pendidikan mutlak harus dilakukan kalau tidak mau ketinggalan

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © INOVASI PENDIDIKAN - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -